Nanas untuk Terapi Pengobatan Kanker

Saat ini, penyakit yang paling banyak ditakuti manusia adalah kanker. Dengan perkembangan yang ada sekarang seperti aneka polusi, makanan yang mengalami pengolahan berbagai macam rupa, radiasi akibat internet/ telepon dan juga tekanan hidup yang semakin menjadi sebenarnya menjadi faktor pemicu terjadinya kanker itu sendiri. 

Sebenarnya, sejak lahir, sel kanker sudah ada dalam tubuh manusia. Sel-sel tersebut menjadi aktif dan akan aktif menjadi penyakit karena faktor-faktor seperti yang disebutkan di atas. Kanker memang ganas, orang yang terjangkit kanker dapat meninggal hanya dalam hitungan bulan jika tidak ditangani secara tepat. Sayangnya, kanker dapat menjalar ke bagian tubuh yang lain dan menggerogotinya sehingga penderita kanker akan disarankan untuk kemoterapi. Kemoterapi mungkin bisa menjadi acuan terapi penyembuhan kanker tetapi juga perlu dipahami bahwa kemoterapi membawa efek buruk bagi si penderita. Tidak hanya sel baik yang ikut rusak tetapi juga rasa panas, terbakar serta perubahan hormon yang menyebabkan perasaan mual, sedih dan sebagainya yang justru dapat membuat penderita kehilangan ekspektasi hidup. 

Beberapa artikel medis dan survivor kanker menyebutkan bahwa mengkonsumsi buah nanas dapat membantu melawan ganasnya kanker. Disebutkan bahwa khususnya bagian tengah dari buah nanas mempunyai senyawa tertentu bernama bromelain yang dapat menahan protein ras (protein di dalam sel kanker) sehingga ada baiknya mengkonsumsi nanas ini disamping melakukan kemoterapi.

Tetapi ada juga survivor kanker yang tidak menjalankan kemoterapi, dan hanya mengkonsumsi nanas serta buah dan sayuran lainnya yang kaya akan antioksidan seperti kiwi dan brokoli. Survivor tersebut, yang sebelumnya divonis hanya akan bertahan hidup 5 tahun, dapat bebas dari kanker setelah proses yang cukup panjang dengan mengubah total makanannya dan juga pola hidupnya. Pada penderita kanker, adalah sangat penting untuk selalu merasa senang dan bahagia, karena hal ini juga dapat menaikkan semangat hidup yang pada akhirnya dapat melawan keganasan kanker.

Nanas, memang telah nyata dapat menurunkan keganasan sel kanker, bahkan dapat menyembuhkan kanker. Tetapi perku diwaspadai oleh penderita kanker adalah untuk selalu mengecek keadaan tubuhnya. Sel kanker bisa saja hilang dan dinyatakan sudah bebas sel kanker pada bagian tubuh yang sebelumnya divonis, tetapi ada beberapa kenyataan menyebutkan bahwa bagian tubuh lain yang tidak dicek justru telah terjangkit kanker. Oleh karena itu, ada baiknya pagi penderita kanker untuk mengecek secara total dan tetap rutin mengenai penyakit mematikan tersebut. Semoga kita semua terhindar dari penyakit semacam ini, tentunya dengan hidup lebih bahagia, lebih sehat dan lebih bersyukur.

No comments:

Post a Comment