Manfaat Talok / Seri / Kersen untuk Diabetes

Pohon ini sudah jarang ditemukan di kota besar. Tapi mungkin ada banyak orang yang juga mengetahui pohon ini. Pohon ini sering ditanam di halaman rumah, kios dan sebagainya sebagai perindang, karena dinilai mempunyai daun yang lebat dan cepat tumbuh sehingga merupakan pohon yang ideal untuk berteduh dan mengurangi panas matahari. Selain mempunyai daun yang rindang, ternyata pohon ini berbuah lebat, kecil dan manis seperti cherry, maka tak jarang ada orang yang menyebutnya sebagai pohon cherry jawa / seri, ada juga yang menyebutnya pohon kersen dan talok.

Usut punya usut, dan sudah dibuktikan oleh salah satu kerabat penulis, banyak sekali manfaat yang dimiliki pohon ini, terutama pada buah dan daunnya. Bagi mereka penderita diabetes, ternyata mengkonsumsi buah talok secara rutin dapat mengurangi kadar gula dalam darah secara signifikan, meskipun pada prinsipnya tetap harus dibantu dengan melakukan diet nasi dan olahraga teratur. Selain diabetes, buah talok juga dapat mengurangi kadar kolesterol.

pohon talok/kersen


Beberapa orang juga mempercayai bahwa rebusan daun talok dapat digunakan sebagai obat diabetes, selain dengan memakan langsung buahnya. Caranya pun bervariasi, ada yang langsung merebus daunnya dan meminum airnya yang telah disaring dan ada juga yang menjemur daunnya terlebih dahulu setelah itu baru menyeduh daun kering tersebut. Manfaatnya cukup mengejutkan, karena ada beberapa kesaksian dari keluarga penderita diabetes bahwa luka membusuk yang diakibatkan oleh diabetes pun dapat berangsur-angsur pulih meskipun harus mengeluarkan nanah dan darah kotor terlebih dahulu. Tentu saja, proses ini membutuhkan waktu agak lama.

Jadi, bila kalian mempunyai keluarga, teman atau pun kenalan yang memiliki kecenderungan diabetes, kolesterol ataupun sudah menderita diabetes, dapat merekomendasikan untuk memakan buah talok ataupun meminum air rebusan daunnya. Keluarga penulis pun, sudah membuktikanya, dari kerabat yang tiba-tiba kurus setelah terserang diabetes dan kini dapat menjalani hidup dengan segar tanpa kesulitan suatu apapun.



No comments:

Post a Comment