Nutrisi Penting Pada Saat Awal Kehamilan

Pada dasarnya, adalah penting bagi para calon ibu untuk mempersiapkan kehamilannya sedini mungkin. Oleh karena itu, banyak yang menyarankan agar mengkonsumsi bahan-bahan makanan bergizi dan juga susu khusus sebelum masa kehamilan. 

Berikut adalah zat-zat penting yang sangat sering dianjurkan untuk masa persiapan maupun dalam masa kehamilan awal:

1. Asam Folat
Asam folat merupakan bentuk vitamin B yang dapat mencegah cacat pada janin, utamanya pada otak. Ibu hamil membutuhkan kurang lebih 0.8 mg sehari. Folat banyak ditemukan pada sereal, bayam, jeruk dan jenis kacang-kacangan lainnya.

2. Kalsium dan Vitamin D
Kalsium dan vitamin D sangat penting untuk mencegah kerapuhan tulang, membantu pembentukan tulang pada tubuh dan juga gigi. Per hari, ibu hamil membutuhkan 1000mg kalsium yang banyak terdapat pada produk olahan susu (susu, keju, yoghurt,dll), ikan salmon, bayam, telur dll. Ada baiknya juga berjemur pagi di bawah jam 8 untuk mengaktifkan vitamin D pada tubuh kita agar bekerja optimal.

3. Protein
Protein, adalah salah satu zat yang penting untuk pertumbuhan. Tidak hanya pada ibu hamil tetapi juga pada anak-anak. Mengkonsumsi protein dapat dengan mengkonsumsi tahu, tempe, susu, telur, ayam, ikan dll. Pada anak, protein tidak hanya membantu pertumbuhan tetapi juga mempersingkat waktu penyembuhan pada luka.

4. Zat besi
Bagi penderita anemia seperti saya, yang sering mengalami pusing dan lemas, zat besi sangat penting apalagi dalam masa kehamilan, Kita membutuhkan setidaknya 27mg asupan zat gizi per hari, yang banyak ditemukan pada daging merah, jeroan (hati ayam, kambing), kacang-kacangan, dll. Hindari sayur-sayuran putih seperti kembang kol, kubis karena dapat menurunkan tekanan darah.


Selain itu juga disarankan menghindari makanan yang tidak matang sempurna seperti telur setengah matang, mayonaise, lalapan, sushi.

Semoga kehamilan Anda berjalan dengan lancar dan dikaruniai anak yang sehat sempurna.

No comments:

Post a Comment