Mau Beli Kain Brokat untuk Kebaya?

Pamor kain brokat dari ke hari semakin naik, betapa tidak, kebutuhan akan kain yang satu ini semakin tinggi karena banyaknya para wanita yang semakin senang memakai pakaian yang lebih kembali ke zaman klasik. Kebaya, dress brokat adalah beberapa contoh pakaian yang kembali mencuat dengan banyaknya peminat.

Dengan adanya kain brokat yang dijadikan bahan dasar maupun hanya sebagai aplikasi, tampilan dress atau baju akan semakin cantik dan berkelas. Tidak hanya dapat dipadukan dengan kain polos, brokat juga bisa dipadukan dengan kain tenun, batik maupun pure kain brokat. Cantik deh.

Ada beberapa pertimbangan yang patut disimak saat akan membeli kain brokat. Kalian dapat melakukan pencarian terlebih dahulu di internet. Kain brokat yang saat ini sedang naik daun adalah kain brokat perancis. Selain brokat Perancis, masih ada brokat lain seperti brokat Jepang, Korea dll.

Perlu diwaspadai, penamaan tersebut bisa saja hanya embel-embel marketing belaka. Ada kalanya brokat-brokat tersebut merupakan brokat lokal yang dijual dengan embel-embel "import Korea" atau "brokat Jepang". Sebenarnya, produk lokal tidak kalah koq dengan produk luar. Malahan, banyak sekali produk brokat kita yang diexport ke luar seperti negara-negara UAE, India, dll. Ini membuktikan bahwa kualitas kain kita masih terbilang bagus dengan harga yang cukup bersaing dibandingkan dengan China.



Ada banyak tempat-tempat pusat kain di Indonesia khususnya di Jakarta dan sekitarnya untuk mendapatkan kain-kain brokat. Berikut adalah beberapa contohnya:

1. PASAR BARU JAKARTA
Pasar baru Jakarta terletak di bilangan Sawah Besar, Jakarta Utara. Letaknya masih di area Jakarta tempo doeloe. Jika akan ke sana, bangunan-bangunan di sekitarnya masih bernuansa Kolonial dan juga bercampur dengan Pecinan. 
Barang-barang di Pasar Baru terbilang cukup lengkap. Selain terdapat pusat kain (yang kebanyakan masih dipegang pengusaha India), di Pasar Baru Jakarta ini juga terdapat banyak toko sepatu. 

Untuk kain, pilihannya terbilang komplit dan bisa ditawar kalau pedagangnya baik. Jika beruntung, anda bisa mendapatkan kain-kain brokat seperti semiprancis dan songket mesin dengan harga bersahabat.

2. PASAR MAYESTIK
Pasar Mayestik terletak di kawasan Kebayoran Lama dan tidak terlalu jauh jika dijangkau dari terminal Blok M. Kawasannya lebih luas (lebih tinggi tepatnya) daripada Pasar Baru Jakarta. Di dalam Pasar Mayestik ini, pusat penjualan kain terdapat di dalam gedung dan juga ruko-ruko di luar gedung. Di pasar Mayestik ini, juga banyak pedagang yang masih keturunan India.

Untuk harga, kadangkala beberapa pedagang membandrol harga yang relatif lebih tinggi daripada harga di OL shop. Tapi, ga perlu khawatir karena harga-harga di sini bisa ditawar koq. Lebih puasnya lagi, calon pembeli bisa merasakan kualitas kain yang ada secara langsung.

Ada juga beberapa toko yang menawarkan kain-kain brokat dan songketnya dengan harga cukup miring. Agar tidak kecewa, perlu dicek baik-baik ya, karena kadang ada benang yang terlepas juga (pengalaman pribadi). Yah, ada harga ada rupa hehehe

3. PUSAT GROSIR TANAH ABANG

Tanah abang tidak hanya menjual grosir tetapi juga menjual eceran. Kalau ke sini, perlu tenaga extra karena tempatnya sangat luas. Tetapi tidak perlu risau lagi karena di Blok B, sudah ada informasi barang yang dijual untuk setiap lantainya. Di sini, disediakan juga lift sehingga pengunjung tidak akan merasa capek naik turun tangga. Untuk yang haus, banyak penjual es teh (cup) keliling juga hehehe. 

Brokat-brokat yang dijual di sini juga banyak macamnya. Rata-rata harganya sedikit mahal, tetapi jika kalian beli untuk seragam, harganya bisa jauh lebih murah. Ada juga beberapa toko yang menjual brokat-brokat potongan dan merupakan grade B. Grade B ini kain reject manis, artinya ada beberapa cacat kecil tetapi masih bisa dijual. Harganya jauh lebih murah daripada Grade A tentunya. Tanya-tanya saja ke penjualnya, kadangkala mereka menyortir terlebih dahulu kain-kain Grade B tersebut sehingga tampak seperti Grade A. Tapi, tidak semua seperti itu ya. Ini hanya ada beberapa saja.. dan mereka memang menyediakan mayoritas untuk konveksi.

4. PASAR BARU BANDUNG
Nah, ini untuk kalian yang ada di daerah Bandung. Betapa tidak, Bandung itu ibarat pusatnya tekstil. Maka ga heran aneka industri kreatif berbahan dasar tekstil & leather juga ada di sini.
Pasar Baru Bandung terletak di jalan Otista Bandung. Tempat ini cukup lengkap dan ga kalah dengan pusat tekstil di Jakarta.

Untuk kalian yang sedang mempersiapkan pernikahan atau acara sejenisnya, di sini kalian bisa temukan pusat kain kebaya, aneka kerajinan seperti dompet dan tas kulit (imitasi sih kebanyakan) dll. Untuk kain kebayanya sendiri, cukup lengkap juga koq, mulai dari brokat-brokat meteran biasa sampai brokat yang cantik juga ada di sini, dan bisa ditawar juga koq.


Masih banyak pusat-pusat tekstil lainnya untuk berburu kain brokat. Contohnya kawasan Cipadu di Tangerang dan kawasan Cigowendah di Bandung. Kebanyakan, kain di 2 tempat ini dijual kiloan yang tentu jatuhnya sering lebih murah daripada yang dijual secara meteran. Tetapi, perlu diperhatikan lagi kualitasnya ya... Barang murah tersebut bisa jadi merupakan sisa produksi pabrik yang gradenya baik dan juga kurang baik. Jadi utamakan indera penglihatan dan peraba untuk memastikan kualitas kain tersebut. 

Tapi ga ada salahnya juga untuk beli secara online. Secara waktu dan tenaga, beli online jauh lebih efektif dan efisien. Jika kalian sudah mengetahui toko-toko online mana saja yang termasuk terpercaya, ga ada salahnya kalian membeli barang produk tersebut. Kainnya tidak kalah dengan kualitas toko. Justru, harganya seringkali lebih murah karena toko online tidak perlu membayar sewa tempat dan karyawan dalam jumlah banyak.

Untuk referensi bahan kebaya berkualitas, bisa mengunjungi situs FB di bawah


FB Page Brokat Sangkara





2 comments:

  1. Hallo Juli! Bulan baru, promo baru!
    Masih bingung cari gedung pernikahan? Ingin menikah di gedung full carpet dengan fasilitas eksklusif? HIS Balai Sartika menjawab keinginanmu dengan konsep One Stop Wedding Service dan pilihan vendor-vendor profesional yang akan membuat pernikahanmu semakin berkesan. Dapat bonus-bonus menarik seperti honeymoon ke Bali, romantic night di Padma Hotel, souvenir, logam mulia bahkan cashback langsung. Bonus-bonus tersebut bisa kamu dapatkan langsung tanpa diundi dan bisa dicustom sesukamu!
    IG: @Zulfa.hisbalaisartika @his_balaisartika atau WA ke 089611648377 (Zulfa).

    ReplyDelete