Jenis Bahan Kebaya Timbul : Brokat Prada Oki

Saat ini, mulai banyak bermunculan jenis - jenis brokat yang timbul sehingga banyak disukai pecinta kebaya. Ada banyak jenis brokat yang timbul seperti tile cornelly, brokat cord, prada, semiprada maupun jenis allover lainnya yang memang memiliki bunga timbul sehingga kain menjadi lebih berat. Prada, salah satunya, merupakan jenis brokat yang paling diminati terutama oleh kaum ibu-ibu karena menampilkan kesan mewah dan mahal.

Memilih kain prada yang baik perlu kejelian khusus, Prada yang ada di Indonesia ada yang memang import dan tentunya harganya mahal, tetapi banyak juga yang merupakan produk lokal. Sebaiknya, pilih kain prada yang memang nyaman digunakan. Secara pribadi, saya lebih suka kain prada yang tidak terlalu tebal, namun sangat timbul, memiliki motif yang bagus dan juga tidak kaku ketika dijadikan atasan. 

Kain prada memiliki beberapa jenis benang. Ada yang benangnya kilap (bright/crystal), ada yang tidak kilap (dove) dan ada juga yang merupakan paduan keduanya. Yang terakhir merupakan jenis prada / oki yang terbaru, yakni menggabungkan benang kilap dan dove/milky sehingga tampak motif bunga berselang-seling sesuai jenis benangnya. 

Prada Oki

Di pasaran, kain prada dijual dalam bentuk meteran. Berkisar di ratusan ribu rupiah per meternya. Semakin tinggi kualitas kain, semakin mahal harganya. Besarnya bunga juga menentukan harga kain prada. Umumnya, semakin besar dan tebal kain, semakin mahal harganya, tetapi hal ini bukanlah suatu patokan karena kita juga harus memperhatikan bahan dan kualitas kain tersebut.

Kain prada tidak hanya cocok dijadikan sebagai bahan kebaya, tetapi juga banyak digunakan sebagai bahan atasan / blouse. Banyak atasan / blouse prada yang dijual dan diklaim import dari Bangkok. Atasan jadi ini bisa menjadi pilihan karena tidak perlu repot mencari tenaga jahit, tetapi umumnya atasan jadi tersebut memiliki model yang monoton dan hampir sama, sehingga calon pembeli pun kadang merasa enggan dan memilih untuk membeli bahan dan menjahitkan sesuai selera mereka sendiri.

Nah, bagi siapa yang bingung memilih jenis brokat apa yang akan dijadikan sebagai bahan kebaya ataupun pakaian formal, bisa menjadikan kain prada/hoki sebagai pilihan. Kain ini bisa menjadikan penampilan pemakainya terlihat lebih "mahal" dan cantik tentunya. Selain digunakan sebagai bahan kebaya, bunga-bunganya pun dapat diambil untuk dijadikan aplikasi di bahan kebaya lain. Selamat mencoba!

7 comments: