Aneka Kain Batik berdasarkan Daerah Asalnya

Batik, siapa yang ga kenal corak yang satu ini. Kain Batik merupakan kain asli Indonesia, meskipun dalam perkembangannya corak Batik juga tidak bisa dipungkiri mendapatkan pengaruh dari luar, khususnya batik yang diproduksi di daerah pesisir.

Secara umum, kain batik diproduksi sebagian besar di Pulau Jawa, meskipun ada beberapa daerah seperti di Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi yang juga memiliki kain batik dengan corak khasnya. Untuk orang awam, mungkin batik dipahami berasal dari Jawa Tengah seperti Solo dan Pekalongan. Akan tetapi, jika ditilik lebih jauh, ada beberapa daerah yang juga merupakan produsen kain batik yang tentunya khas dengan budaya mereka. Yuk, kita lihat daerah mana saja yang juga merupakan produsen batik dan apa yang menjadi kekhasan batik tiap daerah tersebut.

1. Batik Solo dan Jogja

Kain Batik di daerah Solo dan Jogja didominasi oleh warna sogan (coklat) dan hitam dengan latar belakang minor putih. Motifnya dapat dibedakan menjadi 2 secara garis besar: geometris dan non geometris. Untuk motif geometris, dapat ditemukan pada kain batik dengan corak Sidomukti, Sidoasih, Sidoluhir, Parangkusuma, dll.Sementara itu, untuk motif non geometris, kebanyakan dipengaruhi oleh budaya Hindu seperti pemakaian motif Meru (gunung), naga, burung, mahkota, dll.

Batik motif Parang khas Jogja



2, Batik Lasem

Batik Lasem adalah batik yang diproduksi di daerah Rembang, Jawa Tengah. Batik Lasem juga dikenal sebagai batik peranakan, karena dipengaruhi oleh corak-corak dari Tiongkok di mana bangsa Tiongkok singgah di daerah pesisir Jawa Tengah (termasuk Rembang). Yang membedakan dengan batik dari daerah lain adalah Batik Lasem memiliki warna-warna seperti merah, biru, putih dan hijau yang merupakan warna dominan yang dipakai oleh Tiongkok. Bedanya dengan batik daerah pesisir lain, warna merah pada batik Lasem menyerupai warna merah darah ayam. Ada juga yang dikenal dengan batik Tigo Negeri, karena proses pewarnaannya dilakukan di 3 daerah berbeda yaitu sogan/coklat di Solo, merah di Lasem dan biru di Pekalongan.

Batik Tulis Lasem

3. Batik Cirebon

Batik Cirebon juga merupakan salah satu batik pesisir yang mendapat pengaruh dari Tiongkok. Dalam perkembangannya, batik Cirebon juga bisa dikatakan mirip dengan batik-batik pada umumnya. Motif yang paling terkenal dari batik Cirebon adalah megamendung yang juga menjadi ikon daerah tersebut. Motif ini seperti awan mendung yang mempunyai filosofi sebagai pembawa kesuburan dan kesejahteraan. Gradasi pewarnaannya cantik, di mana proses pewarnaannya membutuhkan beberapa proses celup/pewarnaan (lebih dari 3x).

Batik Megamendung, khas Cirebon

4. Batik Pekalongan

Batik Pekalongan termasuk batik yang kaya akan corak dan warna, meskipun masih kental dipengaruhi oleh budaya Tiongkok, karena merupakan salah satu batik pesisir. Batik pekalongan yang dipengaruhi peranakan Tiongkok dikenal sebagai batik encim pekalongan, di mana motifnya barnyak menggunakan motif burung phoenix / naga (selain motif garis dan titik) dan warna-warna  seperti merah, biru, hijau, putih. Dikatakan juga dari beberapa sumber, bahwa motif asli batik Pekalongan adalah motif jlamprang, yang dipengaruhi budaya Arab, di mana motif ini tidak terlalu mengekspos benda-benda hidup melainkan hanya benda mati saja seperti titik dan garis yang digambar secara geometris.
Kain Batik encim Pekalongan

Kain Batik motif Jlamprang, khas Pekalongan



Sebenarnya, masih banyak kain-kain batik khas daerah lainnya yang sangat terkenal seperti Batik Madura, Batik Tuban, Batik Garut, Batik Minangkabau, dll yang tidak dibahas satu per satu di sini. Secara garis besar, kain batik merupakan kain warisan nusantara, harta warisan nenek moyang kita yang harus dilestarikan. Bangsa-bangsa lain sangat mengagumi batik, hanya kita saja orang Indonesia yang masih belum sadar potensi besar kain batik dan kain-kain tradisional lainnya yang sangat cantik dan mempunyai filosofi tersendiri.


** diambil dari berbagai sumber

Untuk melihat koleksi brokat berkualitas seperti Semiprancis, Cornelly, Prada Oki, Chemical, dll silahkan kunjungi FB Page kami di GROSIR BROKAT SANGKARA. Kami menyediakan berbagai macam brokat dengan kualitas berkelas dan harga lebih murah daripada harga toko kain besar.






No comments:

Post a Comment