Brokat Semi Prancis Katun

Semiprancis Katun masih menjadi favorit bagi para pecinta kebaya karena teksturnya yang dingin, lembut dan nyaman dipakai. Masuk akal memang karena iklim Indonesia yang termasuk tropis ini bisa menjadi salah satu faktor yang kurang mendukung untuk memakai kebaya yang sering kali panas dan menimbulkan ketidaknyamanan tersendiri. Oleh karena itu, tak heran semiprancis katun menjadi salah satu pilihan pintar untuk tetap cantik berkebaya tanpa harus risau memikirkan bahan yang panas, gatal dan tidak nyaman digunakan.

Meskipun jenis ini tidak kilap, tetapi kita dapat menyiasatinya untuk tetap menjadi kebaya yang cantik, mewah dan elegan dengan memperhatikan model kebaya itu sendiri maupun dengan memberi beberapa tambahan aksesoris seperti bros, bordiran dan aksen-aksen lainnya sesuai selera kita masing-masing.

Semi Prancis Katun / france lace cotton
Berkebaya dengan semiprancis ataupun bahan brokat yang lain harus hati-hati, apalagi jika kita menggunakan songket dan menyelempangkan selendang berbahan songket di kebaya kita. Bahan songket dapat secara tidak langsung merusak bahan brokat karena sering kali selendang songket tersebut menyangkut di bahan brokat kita karena tekstur songket yang kadangkala kasar sehingga membuat benang-benang bahan brokat kita seperti semiprancis yang lembut dan halus menjadi sedikit berbulu. Padahal, tekstur kain semiprancis yang bagus memang lembut dan jatuh sehingga seharusnya mendapat perhatian khusus mulai dari teknik penjahitan, pemakaian (diusahakan tidak terus menerus bergesekan dengan kain yang tekturnya lebih kasar) dan pencucian.

Semiprancis katun ada yang berbahan stretch (melar) dan tidak melar. Umumnya, yang berbahan melar akan jauh lebih lembut dan tebal daripada yang tidak melar. Kembali lagi, pemilihan jenis kain tergantung selera masing-masing individu. Ada orang yang senang dengan kain brokat yang melar karena lebih bisa menyesuaikan bentuk tubuh sehingga nyaman digunakan, tetapi ada juga yang menyukai pilihan brokat yang tidak melar.

Di berbagai toko tekstil bahan kebaya, semiprancis katun dijual dalam bentuk panel atau potongan mesin, biasanya panjang 2,5 meter dan lebar 1.35 meter. Bahan semiprancis memang sangat digemari walaupun tidak bisa beli meteran sesuai dengan kebutuhan kita. Akan tetapi, kain semiprancis memiliki kualitas yang baik sehingga tidak mengecewakan jika sudah dijahitkan. Bagi para wanita muda yang memiliki anak kecil, pilihan brokat panel ini akan sangat menguntngkan karena dapat dijadikan 2 baju yang tentunya lebih hemat.



No comments:

Post a Comment