BROKAT PRADA OKI KILAT / KILAP

Brokat prada atau yang lebih sering disebut sebagai kain hoki, atau chemical atau prada oki memang memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecinta kain brokat atau pemakai kebaya pada umumnya. Prada oki memiliki tekstur kain yang sangat timbul dan berat. Beratnya bervariasi tergantung pada rapatnya motif, besarnya gauge /bunga dan jenis benang yang digunakan. Rata-rata kain prada oki memiliki berat 350-600 gram per meternya. Lumayan yah jika dikenakan sepanjang hari. Tetapi jangan khawatir, kain prada oki dapat diaplikasikan tidak pada seluruh kebaya melainkan misalnya, pada atasannya saja, atau pada bawahannya saja (jika pada dress). 

Kain prada oki yang banyak diminati adalah prada oki dengan benang kilat, bukan jenis dove/katun. Tak disangkal, prada oki kilat memang terlihat lebih mewah daripada prada oki dove/katun. Selain itu, kainnya pun lebih nyaman dan tidak gatal di kulit. Gambar di bawah memperlihatkan jenis kain prada yang kilat

prada oki kilat (kain prada oki dengan benang mengkilap)



Bagi pecinta kebaya, prada oki banyak ditemukan di toko-toko tekstil di Pasar Baru, di Tanah Abang, Mayestik, Cempaka Putih dan lainnya. Namun, banyak juga online shop yang menjual prada oki berkualitas. Untuk membeli kain prada oki, selain motif dan jenis benang, perhatikan juga lebar bidang kain karena cukup bervariasi. Semakin besar lebar bidangnya, semakin bagus untuk dijadikan kebaya karena bisa mengakomodasi pembuatan kebaya panjang terutama bagi orang-orang bertubuh besar. 

Sebagai informasi, lebar bidang prada oki ada yang hanya 1,1 meter tetapi yang paling sering adalah bidang 1,25 meter (50 inch). Untuk itu, adalah penting bagi pecinta kebaya untuk menanyakan terlebih dahulu ukuran lebar prada oki tersebut sebelum membelinya. Selamat berburu kain cantik!

No comments:

Post a Comment